19 December 2013

Melalui Adu Penalti Indonesia Menuju Final

Melalui Adu Penalti Indonesia Menuju Final - Pada laga lanjutan semi final Sea Games 2013 di Myanmar pertandingan sepak bola antara Indonesia melawan Malaysia berakhir dengan drama adu penalti dan dimenangkan oleh Indonesia 4:3.


Sebelumnya pada pertandingan dua kali 45 menit, baik Indonesia maupun Malaysia, sama-sama berbagi angka sama 1:1. Setelah dilanjutkan pada tambahan waktu dua kali 15 menit, kedua tim tidak juga menambah angka sehingga pertandingan harus dilanjutkan dengan adu penalti untuk menentukan Indonesia atau Malaysia yang pantas menuju ke Final sepak bola Sea Games 2013 di Myanmar. Akhirnya tim Harimau harus mengakui keunggulan tim Garuda muda dan panta masuk ke Final Sea Games 2013.

Sejak wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai di babak pertama, Indonesia mampu menekan Malaysia, namun kendala Indonesia pada finishing touch, sentuhan akhir selalu gagal sehingga serangan bertubi-tubi dari Indonesia harus gagal di kaki para pemain belakang Malaysia. Justru Malaysialah terlebih dahulu mendapatkan peluang pertama ketika pertandingan sudah berjalan 11 menit, namun peluang tersebut masih bisa ditangkap penjaga gawang Indonesia Kurnia Meiga. Indonesia baru mendapat kesempatan pertama pada menit ke 13 melalui kaki Fandi Eko, namun tendangan fandi masih terlalu tinggi.

Beberapa menit kemudian tim Indonesia mendapatkan peluang melalui kaki Fandi, namun tendangan Fandi dari luar kotak penalti tersebut masih membentuk mistar gawang sehingga tidak merubah kedudukan. Indonesia baru bisa unggul atas Malaysia setelah menit ke 30, berkat kerja dari kaki ke kaki Bayu Gatra akhirnya mampu mengubah kedudukan menjadi 1:0 untuk Indonesia. Setelah menang 1:0, Indonesia tidak mengendurkan serangan, dan tetap ngotot ingin menambah gol, namun nasib berkata lain, hingga babak peratama berakhir, kedudukan masih tetap 1:0.

Memasuki babak kedua, Indonesia seperti kehilangan konsentrasi, padahal seharusnya Indonesia lebih diuntungkan dengan waktu jedah istirahat yang lebih panjang dibandingkan dengan Malaysia, namuan pada pertandingan babak kedua, justru Malaysia membalikan permainan dengan menekan Indonesia. Tekan dari Malaysia ini juga cukup sulit, namun karena terus di tekan sehingga Indonesia harus menerima balasan gol bermula dari tendangan bebas, dan sedikit sontekan striker Malaysia, akhirnya mengubah kedudukan menjadi 1:1 di menit ke 85. Kedudukan 1:1 bertahan hingga pluit pertanda berakhirnya pertandingan dua kali 45 menit.

Pertandingan harus dilanjutkan dengan tambahan waktu dua kali 15 menit, dalam pertandingan babak tambahan waktu ini, kedua tim saling serang namun sampai peluit akhir dibunyikan kedua tim baik Indonesia maupun Malaysia tidak menambah satu golpun sehingga pertandingan dilanjutkan melalui tendangan penalti.

Dua orang penendang pertama dari Malaysia mampu diblok dengan baik oleh penjaga gaang Indonesia Kurnia Meiga dan dua penendang pertama dari Indoenesia Alfi dan disusul Diego Micel berhasil menyarangkan bola ke gawang Malaysia. Kedudukan sementara tendangan penalti 2:0. Penendang ketiga dari Malaysia, Nazmi berhasil menjebol gawang Kurnia Meiga, sebaliknya penendang ketiga dari Indonesia, Nizam malah menendang bola di atas gawang sehingga kedudukan berubah menjadi 2:1.

Penendang keempat Malaysia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2:2, namun penendang keempat dari Indonesia, kembali meninggalkan Malaysia menjadi 3:2. Penendang terakhir dai Malaysia yaitu Rozaini berhasil menyamakan kedudukan, namun Indonesia masih menyisakan satu penendang yaitu Yohanes Pahabol, tendangan Pahabol merupakan penentu kemenangan timnas Indonesia menuju Final sepak bola Sea Games 2013.

Jadwal pertandingan Final sepak bola Sea Games 2013 akan berlangsung hari Sabtu tanggal 21 Desember 2013.

No comments:

Post a Comment