09 October 2013

Indonesia Sudahi Laos 4-0

Indonesia Sudahi Laos 4-0 - Puas rasanya sebagai penonton dan suporter timnas Indonesia U19. Meski bukan menjadi suporter live di stadion dan hanya melalui layar televisi, tapi penyajian sepakbola Indonesia U19 menunjukkan titik terang kebangkitan persepakbolaan Indonesia. Kebangkitan persepakbolaan Indonesia ini terlihat sejak timnas U19 menjadi juara di piala AFF 2013 beberapa waktu lalu, kemudian diikuti dengan mengalahkan Laos pada malam hari tadi dengan skor telak 4-0 dalam laga pertama penyisihan group G kualifikasi Piala Asia U19.


Pertandingan pembuka timnas U19 dalam Piala Asia di stadion Gelora Bung Karno (GBK) dapat meningkatkan semangat para pemain mudah ini untuk menghadapi lawan berikutnya. Kemenangan 4-0 atas Laos bukanlah hal mudah karena mengingat materi pemain Laos juga cukup bagus.

Pada partai pembuka timnas Indonesia, Garuda muda unggul terlebih dahulu atas Laos melalui kaki Muchlis Hadi pada menit ke 10. Gol terjadi setelah Muchlis mendapat umpan bola atas dari Evan Dimas melalui tendangan bebas dan langsung disundul dengan tenang oleh Muchlis dan membuahkan gol pertama bagi timnas Indonesia muda.

Setelah unggul 1-0 atas Laos, timnas U19 Indonesia semakin semangat dan terlihat lebih menguasai permainan dibanding tim lawan, namun semua gempuran timnas merah putih dapat dibendung oleh pemain belakang Laos yang terus memantau pergerakan striker pemain timnas Indonesia. Kedudukan 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua Laos terlihat berusaha membalas kekalahan dengan meningkatkan intensitas penyerangan, namun perjuangan Laos tidak membuahkan hasil meski diakui cukup merepotkan pemain belakang timans Indonesia. Justru Muchlis kembali menggandakan keunggulan setelah mendapatkan umpan terobosan dan hanya berhadapan dengan penjaga gawang Laos. Muchlis hanya mengangkat bola untuk melewati kiper dan berbuah gol dan merubah kedudukan menjadi 2-0.

Setelah unggul 2-0 atas Laos, beberapa menit kemudian Laos harus kehilangan salah seorang pemainnya karena terkena kartu merah dan harus bermain dengan 10 pemain. Meski tertinggal dua gol dan harus bermain dengan 10 pemain saja, Laos tidak mau menyerah, bahkan Indonesia kesulitan menambah gol. Permainan semakin ketat dan Laos tertimpa sial untuk kedua kalinya karena salah seorang pemainnya harus menerima kartu merah kedua dalam pertandingan itu dan tersisa 9 pemain.

Setelah tersisa 9 pemain, membuat timnas U19 Indonesia semakin gencar menggempur pertahanan Laos, begitu juga dengan kondisi fisik para pemain Laos yang kelelahan sehingga timnas berhasil menambah pundi gol di menit ke 85. Gol dari kaki Paolo berkat umpan manis dari Maldini dan meneruskan ke gawang dengan kaki kirinya sekaligus merubah kedudukan menjadi 3-0.

Menutup pertandingan piala Asia 2013 ini, timnas Indonesia menambah sebuah gol lagi di waktu tambahan melalui kaki kapten kesebelasan timnas U19 Indonesia Evan Dimas. Tendangan keras Evan dimas tak mampu dibendung oleh penjaga gawang Laos sehingga kedudukan akhir Indonesia unggul 4-0 atas Laos. Kita tunggu jadwal pertandingan timnas Indonesia U19 berikut melawan Philipina pada hari Kamis tanggal 10 Oktober 2013 jam 20.30 Wita dan melawan Korsel pada hari Sabtu tanggal 12 Oktober 2013 jam 20.30 Wita.

No comments:

Post a Comment