08 April 2013

Juara Seri Pembuka MotoGP 2013

Yang menjadi juara seri pembuka MotoGP 2013 di sirkuit Losail Qatar adalah Joreg Lorenso. Jorge Lorenso yang menempati posisi pertama (pole position) dalam mengawali balapan perdana musim 2013 MotoGP di sirkuit Losail Qatar, berakhir dengan menempati posisi puncak juara seri Losail Qatar untuk kelas MotoGP, sedangkan untuk kelas Moto2 dimenangkan oleh Espargaro. Meskipun di awal lap, Espargaro berada di posisi 3 dari depan, namun Espargaro mampu mendahului dua posisi terdepan yaitu Redding di posisi kedua pada sisa 12 lap dan Nakagami di posisi pertama pada sisa 5 lap dan bertahan hingga lomba berakhir.
Jorge Lorenzo Menang MotoGP Seri Losail Qatar

Yang pantas diacungi jempol untuk kelas MotoGP adalah The Doctor Valentino Rossi yang start di posisi ke tujuh berhasil menyusul ke depan dan menempati posisi ke tiga pada lap ke dua. Namun sedikit kendala sehingga justru mundur kembali di posisi ke tujuh. Bukan The Doctor namanya kalau berhenti sampai di situ, Rossi kembali menggeber motornya dan dua lap terakhir The Doctor Valentino Rossi mampu merebut posisi kedua hingga akhir lap dan inilah podium pertama bagi Rossi setelah kembali bergabung bersama Yamaha. Selain Valentino Rossi berada di posisi kedua, yang patut diberi aplaus adalah Marc Marques yang menempati posisi ketiga di belakang Valentino Rossi.

Perolehan Poin Sementara MotoGP 2013


Jorge LORENZO – Yamaha - 25
Valentino ROSSI – Yamaha - 20
Marc MARQUEZ – Honda - 16
Dani PEDROSA – Honda - 13
Cal CRUTCHLOW – Yamaha - 11
Alvaro BAUTISTA – Honda - 10
Andrea DOVIZIOSO – Ducati - 9
Nicky HAYDEN – Ducati - 8
Andrea IANNONE – Ducati - 7
Ben SPIES – Ducati - 6
Aleix ESPARGARO – ART - 5
Randy DE PUNIET – ART - 4
Hector BARBERA – FTR - 3
Yonny HERNANDEZ – COL - 2
Hiroshi AOYAMA – FTR - 1


Info Sirkuit Losail Qatar


Sirkuit internasional Losail Qatar menjadi saksi juara seri pembuka MotoGP 2013. Sebelum mengetahui siapakah yang menjadi juara MotoGP pada seri pertama ini, ada baiknya mari kita lihat info surkuit Losail di kota Doha ibukota Qatar. Sirkuit Losail Qatar ini masih cukup baru karena baru pertama kali digunakan perdana pada tanggal 2 Oktober 2004 dalam ajang Marlboro Grand Prix Qatar. Setelah 4 tahun berjalan dengan balapan siang hari, di tahun 2008 Qatar merayakan waktu balapan malam untuk pertama kalinya setelah membangun pencahayaan outdoor permanen, dan sejak saat itu hingga sekarang Surkuit ini merupakan salah satu sirkuit yang balapan MotoGP dilakukan pada malam hari.

Informasi lengkap surkuit Losail Qatar adalah, panjang keseluruhan mencapai 5.380 m atau 3,343 miles dan lebar 12 m. Belokan ke kiri sebanyak 6 belokan dan belokan ke kanan sebanyak 10 belokan. Jalur lurus terpanjang adalah 1.068 m.

Yang memegang rekor untuk sirkuit Losail Qatar adalah pembalap asal Australia Casey Stoner pada tahun 2008 menggunakan sepeda motor Ducati dengan waktu 1'55,153 dan kecepatan rata-rata 168,2 km per jam. Untuk fastes lap diraih oleh Jorge Lorenso tahun 2008, pembalap asal Spanyol dengan waktu tempuh 1'53,927 dengan kecepatan 170.0 km per jam. Lorenso juga menjadi Best Pole di surkuit ini.

No comments:

Post a Comment